Kesehatan lingkungan

Kesehatan lingkungan di Indonesia masih memprihatinkan kondisinya. Sanitasi yang belum optimal di Indonesia ditandai dengan masih tingginya angka kejadian penyakit infeksi dan penyakit menular di masyarakat. Disaat negara lain pola penyakit sudah bergeser kearah penyakit degeneratif, Indonesia masih direpotkan oleh kasus demam berdarah, diare, kusta, serta Hepatitis A yang seakan tidak ada habisnya.

Untuk menanggulagi hal semacam ini perlu adanya yang lebih besar lagi kepada sanitasi terutama sanitasi lingkungan.Sanitasi sangat menentukan keberhasilan dari paradigma pembangunan kesehatan lingkungan lima tahun ke depan yang lebih menekankan pada aspek pencegahan (preventif) daripada aspek pengobatan (kuratif). Dengan adanya upaya preventif yang baik, angka kejadian penyakit yang terkait dengan kondisi lingkungan dapat dicegah. Selain itu anggaran yang diperlukan untuk preventif juga relatif lebih terjangkau dari pada melakukan upaya kuratif.

Adanya perhatian terhadap sanitasi lingkungan diperlukan terutama pada musim penghujan seperti saat ini. Lingkungan yang tidak bersih (baik) akan menjadi sumber berbagai macam penyakit karena adanya bibit-bibit penyakit yang berkembang.
Salah satu contoh yang paling sering terlihat di sekitar kita adalah penumpukan sampah. Penumpukan sampah di sekitar lingkungan yang akan menjadi tempat genangan air akan mengakibatkan jentik nyamuk mudah tuk berkembang biak. Hal ini kadang kala yang tidak menjadi perhatian,sebagian besar perhatian tertuju pada sampah yang menumpuk akan mengakibatkan terjadinya banjir.

Penumpukan sampah yang selain menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk juga dapat menyebabkan masalah lain yaitu penyakit diare. Penyakit ini disebabkan adanya lalat atau hewan lainnya yang semula hinggap pada sampah kemudian hinggap pada makan manusia sehingga makanan yang dimakan menjadi tidak hiegenis lagi. Makanan yang tidak higienis ini dapat menyebabkan timbulnya msalah diare.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang kesehatan lingkungan kemudian menjadi saat perlu. Peran serta masyarakat memegang peranan penting didalam menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar